9 Tanda Anda hamil

Banyak wanita yang menyadari indikasi kehamilan dari terlambatnya menstruasi. Biasanya wanita yang siklus mensturasinya tetap atau memantau suhu tubuh hariannya mudah menangkap tanda-tanda kehamilan.

9 Tanda- tanda kehamiilan yaitu :

      1.  Menstruasi terlambat (berhenti)
             Untuk wanita yang siklus menstruasinya tetap, boleh dikatakan ia hamil apabila                     menstruasi tidak kunjung datang meskipun telah berlalu lebih dari seminggu sejak                perkiraan hari menstruasi. Namun, tubuh wanita amatlah sensitif wanita yang siklus              menstruasinya tetap sekalipun bisa mengalami keterlambatan atau berhentinya                    menstruasi akibat perubahan lingkungan, tekanan psikologis, maupun rasa syok

      2. Periode suhu tubuh lebih tinggi dari biasanya terus berlanjut
          Ada wanita yang memantau suhu tubuh hariannya karena siklus menstruasinya tidak           teratur, meskipun ia tidak bermaksud untuk hamil. Normalnya suhu tubuh akan turun             pada perkiraan hari menstruasi, tetapi bila wanita tersebut hamil, suhu tubuhnya tidak           akan turun dan terus berada pada suhu tinggi. Untuk wanita yang terus memantau               suhu tubuh hariannya dan mengetahui secara akurat periode suhu tubuh tinggi (kira-             kira dua minggu setelah ovulasi) dan periode suhu tubuh rendah (kira-kira dua                       minggu dari perkiraan hari menstruasi sampai ovulasi), kemungkinan hamil tinggi                 apabila periode suhu tinggi yang normalnya hanya 2 minggu berlanjut hingga lebih               dari 3 minggu.


Tentu saja demam akibat masuk angin atau penyebab lainnya selama periode ini tidak dihitung.


3. Rasa mual pada lambung atau dada (gejala mual kehamilan/morning sickness
     Bagi orang yang siklus menstruasinya cepat, bila menstruasinya sedikit terlambat akan            muncul rasa mual pada lambung atau dadanya, atau disebut pula dengan gejala mual              kehamilan (morning sickness). Gejalanya pada tiap orang berbeda, ada yang sampai                muntah, ada yang sensitif terhadap bau makanan, dan lain-lain

4. Puting menjadi sensitif
    Puting dan daerah di sekitarnya terasa sensitif. Bila tersentuh pakaian dalam atau baju,             terasa seperti ditusuk-tusuk.

5. Sering buang air kecil
    Rahim wanita yang hamil akan membesar sehingga menekan kandung kemih. Akibatnya ia     menjadi sering buang air kecil. Faktor yang sama juga bisa menyebabkan sembelit.

6. Kulit kasar
    Perubahan keseimbangan hormon akibat kehamilan bisa menyebabkan kulit kering,                 meningkatnya flek dan bintik-bintik pada wajah akibat bertambahnya pigmen melanin, dan       warna puting menjadi gelap.

7. Agak demam

Karena periode suhu tinggi pada suhu tubuh harian terus berlanjut, Anda mungkin akan merasakan demam dan mengiranya sebagai gejala masuk angin.

8. Cairan vagina bertambah banyak

Cairan yang dikeluarkan dari vagina bertambah karena pengaruh hormon sehingga jumlah cairan vagina pun meningkat. Cairan vagina tersebut agak lengket dan berwarna putih susu, tetapi baunya tidak tajam.

9. Tubuh lemas dan uring-uringan

Akibat perubahan hormon, tubuh bisa merasa lemas, kurang bersemangat, mudah uring-uringan karena ketidakstabilan emosi, atau ingin menangis tanpa sebab.

Comments

Popular posts from this blog

Tahap-tahap Bayi yang akan keluar dari rumah sakit

Tips Suami menghadapi istri yang sedang hamil